Jumat, 12 Oktober 2012

Studio #RuangWaktu Revitalisasi Jembatan Kenari dan Rekoneksi Sungai Ciliwung (devina setiono/ 02220090061)

LOKASI : Kenari , Salemba , Jakarta Pusat , Indonesia.

Berawal menyusuri sungai ciliwung di sekitar kenari , membuat saya menemukan berbagai potensi yang terdapat pada site. Potensi- potensi tersebut seperti banyaknya bangunan - bangunan bersejarah di sekitar site , seperti stovia  & pabrik opium ( yg skr UI) , bekas rel jembatan yg menghubungkan kenari - cikini , stasiun kenari yg sudah non aktif , museum thamrin dan lain - lain , sekaligus ciliwung sendiri yang menjadi saksi bisu dari awal pembangunan batavia. Bahkan bila kita lihat , dari jalan proklamasi hingga monas memiliki perjalanan sejarah yang saling berkaitan (seperti budi utomo , dll). 

Sayangnya potensi- potensi ini terabaikan oleh masyarakat sekitar . Salah satu bangunan sejarah penting seperti jembatan kenari - cikini , tidak terawat dan sudah mulai rusak dan masyarakat di sekitar situ lalu lalang tanpa peduli sejarah yang ada pada sekitar mereka.

Untuk mengembalikan kenangan akan sejarah tersebut , saya membangun tempat meeting point dan information center bagi warga sekitar , tepat di atas jembatan cikini- kenari. Yang mana , jembatan cikini- kenari disini as a monumental , dan masyarakat dapat yang lalu lalang pd bangunan saya dapat melihat kebawah dan merasakan track rel juga sejarah yg ada di sana , juga masyarakat dapat melihat view sekitar pada atas bangunan  ( view pada ui dan museum thamrin ) . Meeting point yang dibangun ditengah - tengah pun bertujuan agar menjembatani interaksi antara kampung cikini- kenari , agar masyarakat dapat berkumpul menjadi satu( karena pada biasanya meeting point mreka acak dan menganggu sirkulasi mobil serta warga kampung cikini tidak berinteraksi dengan warga kampung kenari ).

Pada perancangan ke depannya , saya ingin membangun river walk , dimana masyakarat dapat merasakan sejarah kembali.

PROGRESS BOARD











MAKET BLOK 1 : 1000








                                   

MAKET 1:200











FINAL BOARD

Melalui Sejarah Kenari dan Ciliwung yang telah di jelaskan dlm board Sejarah Kenari dan Ciliwung, Dapat diambil kesimpulan bahwa banyaknya tempat- tempat bersejarah di sekitar stasiun kenari maupun sepanjang sungai Ciliwung. 

Namun masyarakat sekitar nampaknya tidak sadar dengan keberadaan tempat- tempat bersejarah di stasiun kenari dan sepanjang sungai ciliwung. Permasalahan lainnya adalah daerah kenari yang begitu padat penduduk tetapi tidak memliliki meeting point yang jelas pada suatu titik. Sehingga meeting point yang ada sekarang tersebar ke penjuru titik serta tidak teratur dan menghambat lalu lintas mobil dikarenakan banyaknya warga dan pejalan kaki yang lalu lalang.

Maka dari itu, saya mengusulkan 3 desain:

1. Desain Jembatan , Retail dan Restaurant
Letak jembatan, retail serta restaurant  berada di atas sungai ciliwung tepatnya di tengah- tengah antara kampung cikini - kenari. Pembuatan jembatan yang juga restaurant bertujuan menjembatani kampung cikini- kenari untuk memudahkan interaksi antar warga (membuat meeting point). Serta restaurant dan meeting point yang terdapat di atas restaurant bertujuan agar warga sekitar ataupun turis dapat menikmati view juga bangunan bersejarah di sekitar daerah tersebut (terutama jembatan kenari). Untuk retail juga restaurant (bangunan komersil) bertujuan agar menghidupkan lokasi tersebut dan menunjang tempat- tempat bersejarah di sekitar, pembangunan kanal, passage walk dan juga tunel.

2. Desain Passage Walk dan Tunel
Ramainya pejalan kaki dan tingginya aktifitas pejalan kaki daripada pengguna mobil di sepanjang sungai ciliwung, membuat saya mendesain passage walk dan tunel. Yang mana passage walk dan tunel adalah akses jalan mobil pada sepanjang sungai ciliwung yg direnovasi dan dialihkan fungsinya hanya untuk pejalan kaki juga sepeda.

3. Kanal
Kanal di desain agar memaksimalkan fungsi sungai ciliwung untuk transportasi massal warga sekitar maupun turis. Kanal tersebut memiliki beberapa titik pemberhentian yang mana titik- titik tersebut adalah titik- titik strategis yg gampang di jangkau oleh users dan titik - titik tersebut dekat dengan bangunan bersejarah.

 Sejarah Kenari dan Sejarah Ciliwung


Analisa Kenari dan Ciliwung

Master Plan Kenari dan Ciliwung

Progress

Final



Tidak ada komentar:

Posting Komentar